Mengenal Uang Virtual Bitcoin dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Bitcoin?
Sebelum kita mencari bagaimana cara mengumpulkan Bitcoin, untuk yang baru mengenal Bitcoin sekiranya perlu diketahui Bitcoin itu apa?
Menurut Wikipedia, Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal dimana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi, dan menggunakan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti memastikan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat dihabiskan oleh orang memilikinya, dan tidak pernah boleh dilakukan lebih dari satu kali.

Bagaimana perhitungan konversi Bitcoin?

Perhitungan/Konversi:

1 Satoshi = 0.00000001 BTC                 

100 Satoshis = 0.000001 BTC
1,000 Satoshis = 0.00001 BTC
10,000 Satoshis = 0.0001 BTC
1 µBTC = 0.001 mBTC = 0.000001 BTC























Berapa Harga Bitcoin?
Harga Bitcoin dari tahun ketahun makin meningkat tinggi. Padahal, dulu di dikisaran tahun 2009 Bitcoin ditemukan hingga 2013, harganya masih kurang lebih $11. Dan saat ini harga bitcoin mendekati $400 (14 Februari 2016), dan jika dirupiahkan sekitar 5jutaan / Bitcoin.

Sumber: Blockchain











Sumber : vip.bitcoin.co.id














Dengan harga yang sangat fantastis perBitcoinnya, maka banyak blogger yang mencari bagaimana cara mendapatkan Bitcoin termasuk saya. :)

Bagaimana cara membuka rekening Bitcoin?
Sebelum mencari/menambang Bitcoin kita harus mempunyai dompet/wallet terlebih dahulu. Banyak website penyedia wallet tempat untuk menyimpan Bitcoin. Kita bisa daftar di Blockchain.info atau di Bitcoin.co.id. Nanti kita akan diberikan alamat/ address wallet Bitcoin kita, sebagai contoh "19k9P5ktWupNDGYvGpoqeXkMEgrucia9nF". Alamat tersebut digunakan untuk menyimpan Bitcoin kita.

Bagaimana cara menjual dan membeli Bitcoin?
Setelah membuka rekening bitcoin, saatnya untuk mengisi dompet kita yaitu dengan cara membeli di  berbagai exchanger-excanger online atau langsung saja di Bitcoin.co.id. Atau bisa dengan mencari/menambang bitcoin gratis di situs/website untuk mencari Bitcoin. 

Bagaimana cara mencari/mendapatkan Bitcoin?
Ada beberapa cara untuk mendapatkan Bitcoin diantaranya PTC, Faucet, Giveaway, Game, Mining, dan Trading.

PTC
PTC disebut pay to click. kita dapat bitcoin dengan cara mengklik iklan di web tersebut.
Beberapa contoh PTC (recommended)
1. bitsforclicks.com
2. btcclicks.com
3. bitvisitor.com
4. bitter.io



Faucet
Kita mendapatkan bitcoin dengan mengetik captcha dalam hal ini ada biasanya bitcoin yang kita dapatkan dengan mengetik captcha akan ditampung di wallet server mereka seperti microwallet, coinbox atau bitchest, setelah dalam jumlah tertentu baru nanti akan dikirimkan ke dompet bitcoin kita (beberapa menetapkan jumlah tertentu untuk bisa dikirimkan). Bitcoin gratis bisa didapatkan secara periodik, ada yang 30 menit, 1 jam, 6 jam, 1 hari, bahkan ada setiap 1 menit sekali.

Game
Kita bisa mendapatkan bitcoin dengan bermain game.

Giveaway
Dalam bahasa indonesia giveaway artinya memberikan, jadi orang-orang/situs memberikan bitcoin secara cuma-cuma dengan cara memberikan alamat kita. Biasanya pada forum-forum Bitcoin.

Mining/menambang
Untuk melakukan mining kita biasanya diharuskan membeli alat mining pada sebuah web (cloudmining) ada 2 jenis mining yaitu mining hardware dan cloudmining. Hardware mining yaitu mining dengan menggunakan perangkat keras/ hardware untuk menambang Bitcoin, sedangkan Cloud Mining ini adalah suatu cara kita mendapatkan bitcoin secara otomatis dengan menginvestasikan bitcoin kita melalui situs-situs cloud mining.

Trading
Dengan cara melakukan aktifitas jual beli di situs-situs trading Bitcoin.



Trisnandika
Trisnandika Saya orang yang sederhana yang selau ingin berbagi dengan orang lain, dan mencari inspirasi di celah-celah kehidupan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Uang Virtual Bitcoin dan Cara Mendapatkannya"