Welcome

Monday, December 20, 2010

Manfaat Sayur Bayam Bagi Kesehatan

Manfaat sayur bayam bagi kesehatanBayam  (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.
Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).

Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

Beberapa kultivar A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan. Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat.

Kandungan Gizi Bayam

Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang terkenal memiliki kandungan zat besi (Zn) yang sangat tinggi. Selain zat besi, bayam memiliki kandungan mineral lain, contohnya kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan mangan.
ReadMore
Sayur bayam juga memiliki kandungan vitamin yang sangat bagus, misalnya vitamin A, B2, B6, C, E, dan juga vitamin K yang memang banyak terdapat pada sayuran hijau.

Selain mineral dan vitamin, bayam kaya akan karbohidrat, protein, lemak, serat pangan (fiber), dan beberapa komponen kimia yang sangat menguntungkan bagi konsumennya.

Manfaat Sayur Bayam

  1. Kandungan vitamin A-nya pada bayam sangat bagus untuk kesehatan mata Anda. Jika Anda ingin penglihatan tidak mudah rabun, sayur bayam adalah salah satu sayuran yang baik dikonsumsi.
  2. Vitamin B-nya sangat berperan dalam perkembangan otak dan membantu metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin C-nya yang cukup tinggi, mampu menjaga kekebalan/daya tahan tubuh serta memperbaiki sel-sel jaringan yang rusak.
  3. Vitamin K adalah vitamin yang paling terkenal pada sayur bayam ini. Berperan penting dalam proses pembekuan darah bila terjadi luka.Mengkonsumsi sayur bayam juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit stroke.manfaat sayur bayam yang satu ini juga tak lepas dari peran vitamin K. Vitamin K mampu menjaga pembuluh-pembuluh darah tubuh agar tidak mengeras karena adanya penumpukan kalsium.
  4. Anda ingin tampak awet muda? Sayur bayam bisa menjadi makanan pilihan yang tepat bagi Anda. Kandungan vitamin K dan E-nya mampu menjaga kualitas sel-sel tubuh dan memperbarui yang rusak, sehingga gejala penuaan dini bisa terhambat dengan baik.
  5. Manfaat sayur bayam yang lain terletak pada kandungan zat besinya. Zat besi ini sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang anemia atau kurang darah.
  6. Bayam juga bisa menjadi makanan paling tepat bagi wanita yang sedang menstruasi, karena pada saat ini wanita akan banyak mengeluarkan darah. Bagus juga bagi ibu-ibu yang baru melahirkan.
  7. Sayur bayam memiliki zat anti kanker dan anti oksidan, contohnya adalah flavonoid. Komponen kimia ini sangat berguna dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dimana radikal bebas ini bisa menyebabkan kerusakan sel sehingga timbul penyakit berbahaya, misalnya kanker.
  8. Kandungan mineralnya seperti kalsium dan fosfor, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang tubuh dan gigi agar tetap sehat dan kuat. Mineral ini juga baik untuk menghindari problem osteoporosis atau tulang keropos.
  9. Sayur bayam juga mampu untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, misalnya asma, menurunkan kolesterol, menghindari badan lesu, dan juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala.
Sayur bayam juga sangat baik untuk dikonsumsi anak kecil karena kandungan gizinya yang tinggi. Biasakan memakan sayur bayam sejak dini, agar kesehatan selalu terjaga dan pertumbuhan badan pun bisa optimal.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bayam
http://www.anneahira.com

Semoga Bermanfaat... :)

2 comments:

Kelpo said...

Wow disini banyak manfaat sayur dan buah ya :)

Langsing Sehat said...

sayam sangatlah penting,,
tapi kadang2 perlu diolah lebih menarik,,
supaya kita lebih sering banyak menkonsumsi,,

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner