Pembelajaran Terpadu

Arti Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan danketerampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Jika dibandingkan dengan pendekatan konvensional, maka pembelajaran terpadu tampak lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam belajar, sehingga siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran untuk pembuatan keputusan.

Hakikat Pembelajaran Terpadu
Pada dasarnya, pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun kelompok, aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistic, bermakna dan autentik. Pembelajaran terpadu akan terjadi apabila peristiwa-peristiwa autentik atau ekplorasi topik/tema pengendali di dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan berpartisipasi di dalam eksplorasi tema/topic/peristiwa tersebut para siswa belajar sekaligus proses dan isi berbagai mata pelajaran secara serempak.
 

DAFTAR PUSTAKA


Indrawati. 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)
Sukayati. 2004. Pembelajaran Tematik di SD Merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Depdiknas PPPG Matematika.
Tim Pengembang PGSD. 1996. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Cisarua: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Semoga Bermanfaat... :)
Trisnandika
Trisnandika Saya orang yang sederhana yang selau ingin berbagi dengan orang lain, dan mencari inspirasi di celah-celah kehidupan.

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Terpadu"